ACHMAD MAIMUN SALING BERSILATURRAHMI DAN MENASEHATI
  • Nasihat Imam Ghazali bagi Orang Tua dan Pendidik

    Syaikhul Islam Imam Ghazali yang dikenal sebagai tokoh tasawuf, banyak memiliki gagasan tentang pendidikan khususnya yang berbasis pada pembentukan akhlaq atau dengan Bahasa zaman now berbasis pada pengembangan karakter. Salah satu pemikiran beliau yang menarik dan masih relevan untuk diimplementasikan pada zaman now ini, adalah menyangkut bagaimana sebaiknya seorang guru atau pendidik memperlakukan  siswa atau murid. Atau jika orang tua, bagaimana membangun relasi dengan anak-anak mereka. Berikut ini di antara pemikiran beliau mengenai hal itu.
    شجع الطفل على ممارسة الخلق الجميل والعقل المحمود

    تجاهل أخطاء طفلك في اول مرة ثم عاقبه سرا اذا عاود الخطاء

    وضح لطفلك الاثار المترتبة على استمرار ارتكابه الخطاء

    حافظ شعور طفلك امام الاخرين

    عاتب طفلك سرا لا علانية خوفا من افتضاح امره بين الناس

    Maksudnya:

    1. Sarankan atau ajarilah anak-anak dengan pembiasaan akhlaq yang baik dan akal atau pikiran yang terpuji
    2. Abaikan atau berilah toleransi atas kesalahan yang diperbuat oleh seorang anak pada kali pertama ia berbuat kesalahan. Kemudian jika ia mengulangi kesalahan yang sama, berilah sanksi akan tetapi jangan terang-terangan. Artinya secara sembunyi-sembunyi ketika memberikan sanksi tersebut.
    3. Jelaskan kepada anak tentang dampak dari melakukan kesalahan yang terus menerus. Jadi anak dilatih untuk berpikir secara jernih tentang dampak dari sesuatu yang jelek. Dibiasakan untuk menggunakan nalarnya dalam menemukan dampat negative dari suatu hal.
    4. Jagalah perasaan anak di depan orang lain
    5. Jika mencela atau mengritik atau menyalahkan anak janganlah secara terang-terangan terbuka di hadapan orang lain, karena hal itu dikhawatirkan akan menyebarkan informasi tentang problematika anak kepada orang lain

    Bersambung…

     

    Published on December 4, 2017 · Filed under: Uncategorized;
    No Comments

Leave a Reply